Rabu, 16 Maret 2016

contoh rpp penjas untuk anak sd

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENDEKATAN TAKTIS, DEMONSTRASI DAN PRAKTEK DALAM PEMBELAJARAN
PERMAINAN BOLABASKET


Satuan Pendidikian    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas                           : VI (Enam)
Semester                     : 1 (satu)
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit (1 x pertemuan) 

Standar Kompetensi (SK)
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

Indikator
Kognitif
Produk   
1.    Siswa dapat mengetahui teknik dasar .
2.    Siswa dapat belajar dan melakukan teknik dasar yang diajarkan.
3.    Setelah memainkan bola, siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi tugas gerak berikutnya.

Proses
1.    Mengamati karakteristik passing bola.
2.    Memperhatikan penjelasan dan instruksi.

Psikomotor
1.    Mengetahui teknik dasar dalam permainan bolabasket.
2.    Melakukan teknik dasar yang diajarkan dengan cukup baik.
3.    Melakukan gerak lanjut untuk mempersiapkan diri menghadapai tugas gerak berikutnya

Afektif
Perilaku berkarakter
1.    Dapat diarahkan dalam melakukan pembelajaran.
2.    Bersemangat dan sungguh-sungguh dalam pembelajaran

Keterampilan sosial
1.    Bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas gerak.
2.    Adanya interaksi dengan sesama teman dalam pembelajaran.
3.    Mendengarkan dan memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan.

A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
1.    Siswa dapat memberikan respons positif saat pembelajaran.
2.    Siswa dapat menjelaskan setiap gerakan pembelajaran.
3.    Siswa dapat menjelaskan gerak lanjut setelah memainkan bola untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas gerak berikutnya.

Proses
1.    Secara individu atau berkelompok, siswa mengamati setiap gerakan passing saat dijelaskan atau saat diperagakan dalam pembelajaran.
2.    Secara individu atau berkelompok, siswa dapat menjelaskan setiap gerakan-gerakan passing setelah dijelaskan dalam pembelajaran.
3.    melakukan gerak lanjut setelah memainkan bola untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas gerak berikutnya.

Psikomotor
1.    Dalam bentuk permainan berkelompok untuk melakukan teknik-teknik dasar passing.
2.    Melakukan gerakan dengan cukup baik.
3.    Melakukan gerak lanjut untuk mempersiapkan diri menghadapai tugas gerak berikutnya.

Afektif
Perilaku Berkarakter
1.    Mengikuti dan menunjukan respons positif  dalam proses pembelajaran.
2.    Mengikuti proses pembelajaran, dan menunjukkan sikap semangat dan terus mencoba dalam melakukan gerakan.

Keterampilan Sosial
1.    Mengikuti permainan berkelompok dengan peraturan yang sederhana, siswa menunjukkan sikap kerjasama.
2.    Pada saat menjelaskan, siswa diharapkan dapat memperhatikan.
3.    Pada saat melakukan pembelajaran, siswa melaksakannya dengan penuh percaya diri dan menunjukan respons positif..

B. Materi Pembelajaran
Pembelajaran permainan Bolabasket.
Melakukan teknik dasar passing.
·      Gerak dengan bola.
·      Permainan dengan bola.

C. Model/Pendekatan/Strategi/Metode/Teknik Pembelajaran
1.      Model/Pendekatan      : Pendekatan taktis, Demonstrasi, Praktek.
2.      Strategi                        : Game – Drill - Game
3.      Metode/teknik             : (bagian – keseluruhan – gabungan). Diskusi, tugas, tanya-jawab.


D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Persiapan Guru Penjasorkes Sebelum Pembelajaran
a.    Menyiapkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, lembar presensi, lembar penilaian)
b.    Menyiapkan peralatan (bola, pluit dan stopwatch).
c.    Guru menyiapkan permainan untuk mendapatkan respons siswa.

2.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.     Berdoa dan presensi. Siswa berbaris dengan tertib dan disiplin
b.    Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa). Saat ini, siswa didorong untuk menambah pengetahuan dalam permainan bolabasket.
c.     Menyampaikan ruang lingkup materi permainan bolabasket yang akan dipelajari..
d.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa .
e.     Pemanasan dilakukan dengan “Basketball like game”

3.    Kegiatan Inti (50 menit)
a.    Permainan Kucing-kucingan
Permainan ini dilakukan pada lapangan basket dengan membagi 2 regu sama banyak, permainan diawali dengan melemparkan bola keatas dari garis tengah lapang dan ditangkan oleh siswa, cara melakukan permainan ini yaitu dengan menjaga bola agar tidak direbut oleh regu lawan dengan cara di passing atau dilemparkar kepada teman satu regunya. Dikatakan regu itu menang apabila regu tersebut telah berhasil melemparkan atau passing  bola sebanyak 25x. permainan ini dilakukan selama maksimal 20 menit.

b.   Pertanyaan elaborasi respons siswa ke 1
Pada akhir permainan ke 1, guru menanyakan “dengan cara apa permainan ini dilakukan ?”, dan “bagaimana permainan ini dilakukan agar permainan dapat dimenangkan ? “
Siswa menjawab berdasarkan pengalaman cara memainkan bola pada permainan 1.

c.    Tugas latihan ke 1
Berdasarkan jawaban siswa yang mengarah kepada respon gerak yang relevansi, guru menugaskan siswa untuk berlatih secara perorangan, berpasangan, atau kelompok. Jumlah dan lama latihan respon ini disesuaikan dengan waktu yang ada (modifikasi).

d.   Permaian kucing-kucingan ke 2
Setelah tugas latihan ke 1 selesai, siswa ditugaskan kembali melakukan permainan kucing-kucingan ke 2. Pada permainan ini peraturan permainan dapat dimodifikasi/dikembangkan dari permainan kucing-kucingan ke 1.

e.    Pertanyaan elaborasi respons siswa ke 2
Setelah permainan kucing-kucingan ke 2 berakhir, guru menanyakan kembali tentang “cara apa permainan ini dilakukan ?”, dan “bagaimana permainan ini dilakukan agar permainan dapat dimenangkan ? yang mengarah kepada respon siswa yang lebih relevan.

Demikian langkah-langkah pembelajaran dilaksanakan,
Untuk langkah pembelajaran selanjutnya (waktu yang tersisa) langkah-langkah pembelajaran dilakukan seperti tersebut di atas, dengan meningkatkan tingkat kesulitan respons gerak dan atau peraturan permainan.

4.    Kegiatan Penutup (10 menit)
Pendinginan
a.    Refleksi Pengalaman Belajar Siswa.
b.    Evaluasi Umum terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa (pengetahuan, sikap, dan keterampilan).
c.    Apresiasi  yaitu memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok dan atau individu (Fase 6 MPK).
d.   Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya).



5.    Sumber Belajar/ Media Pembelajaran
a.     Sumber belajar
·      Amber,vic., Petunjuk untuk Pelatih & Pamain Bola Basket, Bandung : Pionir Jaya, 2006.
·      Toto Subroto, Pembelajaran Keterampilandan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar : Sebuah Pendekatan Permainan Taktis, Jakarta : Dirjen Dikdasmen bekerjasama dengan Ditjora Depdiknas, 2001.
·      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD.
b.    Media pembelajaran.
·      Buku Penjaskes kls 6.
·      Diktat permainan.
·      Bola basket/ Bola tangan.
·      Pluit.
·      Stopwatch.
c.    Prasana
Lapangan bola basket yang aman dan nyaman untuk dipakai pembelajaran.

E. PENILAIAN
1.   Penilaian aspek kognitif (N1)
Penilaian aspek kognitif dilaksanakan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk lisan sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 5.
Bobot penilaian aspek kognitif adalah 30.
Skor maksimal adalah 20.

Daftar pertanyaan:
1)    Apa yang ada dalam bayangan kalian jika mendengar permainan bolabasket ?
2)    Jelaskan cara melempar bola atau passing bola yang benar ?
3)    Jelaskan apa yang kalian lakukan setelah memainkan bola ?
           

2.  Penilaian aspek afektif (N2)
Penilaian aspek afektif yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada perilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.
Skor maksimal adalah 16.
Bobot penilaian afektif adalah 30

Lembar Pengamatan Aspek Afektif/ perilaku Siswa selama Pembelajaran.
Petunjuk          : Berilah angka 1 – 4*) pada kolom sikap yang diamati skor sesuai dengan sikap                    
                          yang ditunjukkan oleh siswa selama proses pembelajaran.

No
Nama Siswa
Sikap Yang Diamati
Jumlah
Skor
Kerjasama dengan teman/ tim
Bersemangat dalam melakukan setiap tugas gerak
Mentaati aturan setiap tugas gerak
Menghargai saran/ pendapat teman
1.






2.






3.






4.






5.






*)  1. Kurang      2. Cukup       3. Baik       4. Baik Sekali

3.  Penilaian aspek psikomotor (N3)
Penilaian aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru dan siswa didasarkan pada unjuk kerja/ gerak yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran. Penilaian dilaksanakan selama pembelajaran dengan menggunakan rublik penilaian.
Skor maksimal adalah 12.
Bobot penilaian psikomotor adalah 40



Rubrik Penilaian Pertemuan 1
Unjuk Kerja siswa pada permainan kucing-kucingsn

No
Nama siswa
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1

1. Mengetahui teknik dasar dalam permainan bolabasket.




2. Melakukan teknik dasar yang diajarkan dengan cukup baik.




3. Melakukan gerak lanjut untuk mempersiapkan diri menghadapai tugas gerak berikutnya.






Jumlah skor

2

1. Mengetahui teknik dasar dalam permainan bolabasket.




2. Melakukan teknik dasar yang diajarkan dengan cukup baik.




3. Melakukan gerak lanjut untuk mempersiapkan diri menghadapai tugas gerak berikutnya.






Jumlah skor

3
Dst.





*) Keterangan:   1. Kurang      2. Cukup       3. Baik       4. Baik Sekali

Nilai akhir (NA) yang diperoleh siswa:
NA =          (N1 x 30) + (N2 x 30) + (N3 x 40)     x 100 %
      Skor maksimal )      












 SEMOGA BERMANFAAT YAH,,,,,
JANGAN LUPA DI SHARE KE TEMAN-TEMAN YANG LAINNYA...
:)
thanks for Coach Ranggi Ardia Gunawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar